Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhu SELAMAT DATANG DI BLOGNYA CAH MANGUNSARI EKO WAHYUDIA (MUHAMMAD HAIDER ALIE SULTAN) sugeng mirsani anpon usah ngersulo nggeh suwun......!

KEBUTUHAN GIZI TUBUH

Tubuh yang berubah cepat pada masa remaja membutuhkan masukan Energi, protein dan Vitamin dalam jumlah besar.Enargi diperlukan sebagai sumbertenaga dan perkembangan tubuh.

Energi ini diperoleh dari kebanyakan biji-bijian seperti jagung,beras, kentang ,dan bahan makanan yang mengandung karbohidrat.

Nasi, bubur jagung, roti, biscuit, adalah makanan olahan biji-bijian yang mengandung banyak Energi untuk tubuh.karena karbohidrat adalah bahan bakaruntuk tubuh kita.

Protein diperlukan sel untuk membangun pertumbuhandan perkembangan diri.
Protein terdapat dari hewan (hewani)dan tumbuhan (nabati) contoh
Ikan laut ,dagingsapi, sayuran hingga telur dan susu, yang menyumbang protein ter besar bagitubuh.

Ikan laut banyak menyumbang protein yang dibutuhkan oleh sel-sel otak dan saraf. Sedangkan daging sapi, kambing, atau ayam dibutuhkan bagi sel-sel otot.

Vitamin dan Mineral yang diperlukan oleh tubuh sebagai zat pengatur, sel-sel tubuh mumbutuhkan vitamin dan mineral untuk metabolisme sel.

Tanpa vitamin dan mineral, sel-sel tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Sel-sel lensa mata miisalnya, tidak dapat menyesuaikan fokus dengan baik apabila kekurangan vitamin A.

Tanpa vitamin C metabolisme tubuh dapat terganggu dan jadi mudah terserang penyakit.

Vitamin didapat dari buah-buahan dan sayuran. Banyak vitamin A dan C didapat dari buah-buahan asam dan manis, sementara vitamin B,D dan E didapat dari sayur-sayuran.

Mineral-mineral yang sangat penting bagi tubuh seperti kalsiun (Ca), Natrium (Na), Kaliun (K), yodium (I), Besi (Fe), dan klorin (Cl) didapat dari garam, airsegar, susu, hingga haati ayam.
Setiap mineral memiliki fungsi penting. Fe, misalnya berfungsi dalam pertumbuhan sel darah merah, sehingga kekurangan (Fe) dapat mengakibatkan kekurangan darah.